(Bontang, 8 Mei 2020). Pemerintah Kota Bontang terus berupanya menyejahterakan warganya yang terdampak akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Seperti diketahui bersama, kebijakan pembatasan aktivitas guna memutus mata rantai penularan Covid-19 turut berdampak pada penurunan pendapatan masyarakat terutama di sektor informal.

Terkait hal itu, Pemkot Bontang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan UPZ Yaumil Kota Bontang menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19), di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Jl. Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Jumat (8/5/2020) siang.

Bantuan yang bersumber dari dana zakat tersebut senilai Rp. 500.000 yang terbagi atas paket sembako senilai Rp. 300.000 dan uang tunai Rp. 200.000.

Bantuan ini diserahkan langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, bagi warga yang belum mendapat bantuan sosial baik di tingkat kota maupun pusat, sesuai data yang telah diverifikasi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bontang.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bontang, Aguswati, SE, M.Si, menjelaskan bantuan ini untuk mengakomodir warga yang belum tersentuh bantuan baik dari APBD maupun APBN. Namun demikian, ada beberapa kriteria yang dipenuhi penerima karena bersumber dari dana zakat.

Untuk saat ini, diterangkannya, penerima manfaat dari bantuan ini diperuntukkan bagi 294 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari UPZ Yaumil sebanyak 201 KK, dan Baznas sebanyak 93 KK.

Sementara itu, Neni Moerniaeni berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat penerima manfaat di tengah pandemi Covid-19. “Walaupun nilai bantuan ini tidak besar tapi saya yakin ini (bantuan) bisa bermanfaat bagi bapak ibu,” sambung Neni.

Lebih jauh, memanfaatkan Bulan Ramadhan ini, Neni berpesan kepada masyarakat agar meningkatkan dan memperbanyak kegiatan ibadah, serta berbuat kebaikan.

Hadir dalam serah terima bantuan, Ketua Gugus Covid-19 Kota Bontang Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT, Kepala Baznas Bontang H. Kuba Siga, dan perwakilan UPZ Yaumil Kota Bontang. (kmf_ag)

PPID Kota Bontang