Sabtu 20 Juni 2020 Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 kembali umumkan 1 kasus positif baru di Kota Bontang. Hal ini disampaikan langsung oleh Bahaudin Kepala Dinas Kesehatan, saat melakukan video converence langsung dari Gedung PSC dan Media Center. Kasus baru ini disebut Kasus16BTG.

Kasus16BTG merupakan seorang karyawan perempuan disalah satu perusahaan swasta berusia 41 tahun. Yang bersangkutan mengikuti rapid test yang dilakukan oleh perusahaan pada 15 Juni yang lalu dengan hasil reaktif. Dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 20 Juni hari ini. Saat ini pasien sudah dirawat di salah satu rumah sakit swasta dalam kondisi baik.

Tim gugus juga sudah melakukan tracing kontak kepada 4 orang keluarga pasien, dan 45 rekan kerja 16BTG saat ini menjalankan isolasi mandiri. 49 orang tersebut juga sudah melakukan swab dan saat ini tinggal menunggu hasil. Menurut data yanga ada, Kasus16BTG sendiri tidak pernah melakukan riwayat perjalanan keluar kota atau daerah selama masa pandemi ini.

Saat ditanya apakah ini sudah termasuk transmisi lokal, Bahaudin dengan lugas mengatakan tidak.

“Definisi dari transmisi lokal itu sangat jelas. Erat hubungannya antara satu sama lain. Kalo ini tidak, ini tidak jelas hubungannya satu sama lain.” Tegasnya.

Berdasarkan keterangan Bahaudin, jika kasus terbaru dengan kasus sebelumnya memiliki korelasi atau hubungan, barulah bisa dikatakan terjadinya transmisi lokal penyebaran Covid-19 di Kota Bontang. Ia juga menegaskan selama ini pihaknya selalu transparan dalam memberikan data dan informasi yang ada.

“Kami tidak tertutup sama sekali, kalau kami tertutup tidak mungkin kami sampaikan berapa hasil tracing dan berapa yang positif. Memang dalam hal ini ada etika-etika dalam publikasi dan komunikasi.” Tukasnya.

📷 Kominfo
✍ Rose/Kominfo