Rabu 3 Juni 2020 sejumlah kelurahan di Bontang Barat melaksanakan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) tahap ke II. Diantaranya Kelurahan Kanaan, Gunung Telihan dan Belimbing. Bantuan tahap ke II ini merupakan program Pemerintah Kota Bontang dalam membantu ekonomi warga yang ditengah wabah Covid-19. Bantuan yang diterima oleh penerima keluarga harapan (PKH) di tahap ke dua ini masih sama seperti sebelumnya, yaitu sebesar 500 ribu rupiah, dengan rincian 200 ribu uang tunai dan 300 ribu dalam bentuk sembako.

Namun pada bulan ini, Pemerintah Kota Bontang juga menyasar non PKH melalui bantuan pagan non tunai (BPNT) sebesar 300 ribu rupiah. Yang diberikan dalam bentuk tunai 200 ribu dan sembako senilai 100 ribu. Sehingga kenaikan penerima bantuan  dibeberapa kelurahan seperti Kanaan dan Gunung Telihan juga ikut bertambah.

“Bulan ini ada 2 versi. Yang pertama sama dengan tahapan sebelumnya, yang kedua dari tambahan untuk keluarga yang termasuk dalam golongan non PKH atau BPNT. Jadi total semua ditahap ke dua, sekitar 1270.” Terang Hamdani Lurah Gunung Telihan.

Di tahap pertama sbelumnya, Kelurahan Gunung Telihan hanya menyalurkan bantuan kepada 953 KK yang termasuk dalam PKH. Sedangkan Kelurahan Kanaan yang semula 256 KK, di tahap ini menjadi 390 KK termasuk penerima BPNT.

Menurut Hamdani, program Pemerintah Kota Bontang patut diapresiasi.

“Sangat apresiasi sekali terhadap Pemerintah Kota Bontang, bahwa ini satu program inisiatif yang luar biasa dari pemerintah kota. Bahkan jauh sebelum kebijakan BLT pusat dikeluarkan, Pemerintah Bontang sudah terlebih dahulu mengeluarkan kebijakan yang 500 ribu ini. Maka dari itu respon masyarakat sangat bagus sekali.”  Tukasnya.

📷 Prokompim Bontang
✍ Rose/Kominfo